Saturday 23 November 2013

Laptop ANDA akan BOMB!!


Menjaga Suhu Laptop Agar Tidak Terlalu Panas

Wawan Setiawan | 4:02 AM | 0 komentar

Laptop hank karena terlalu panasnya processor sangat sering bahkan selalu di jumpai para gamers yang mengunakan laptop , contohnya saya sendiri :D. Suhu maksimum yang di anjurkan dari pabrikan sekitar 80-90 drajar celcius ,jangan sampai lebih bisa-bisa berasap deh tuh laptop .

Dari hasil beberapa survey , sharing dengan teman-teman saya , minta saran di klink tong fang -_- dan juga browsing  saya ingin memberi tips supaya suhu laptop anda bisa tetap stabil tidak terlalu panas.

 1. Ukur dulu berapa suhu laptop anda , bisa langsung mengunakan termometer , caranya dengan menempelkan termomter pada bagian terpanas di laptop anda . Bisa juga mengunakan beberapa utilities untuk mengukur suhu laptop anda contohnya , bisa di download 

 2. Menurunkan suhu laptop tanpa harus mengunakan software tambahan bahkan hardware tambahan bisa di lakukan dengan mensetting pengaturan pada control panel :
  • Buka "Control Panel" , kemudian pilih "Power Options"
  • Setelah itu pilih "Change plan settting" pada power plan yang sedang anda gunakan (pada contoh saya mengunakan "High Perfomance").
  • Kemudian klik pada "Change advance power setting"
  • Muncul pop-up baru kemudian cari "Maximum pocessor state" (Processor power management > Maximum pocessor state)
  • Kemudian masukan settingan seperti berikut . On Battery (%) = 85% , Plugged in (%) = 80%
 Penurunan suhu yang saya terima setelah melakunan cara nomer di atas sekitar 10-20 drajat.

 3. Menjaga suhu laptop bisa juga mengunakan cooling , bahkan kipas angin yang pualing kenceng. Tetapi dengan mengunakan cara itu saya sering menjumpai beberapa cooling yang murahan biasanyanya tidah terlalu besar penurunannya, kecuali mengunakan cooling yang mahal pasti bisa sampai 30-40 drajat penurunnanya.

 4. Ada yang berkata bahwa "Mengecas laptop sambil di gunakan akan menambah suhu laptop karena suhu battery ikut menambah suhu laptop" , tetapi battery laptop jaman sekaran ketika battery itu full akan otomatis memutus hubungan dengan charger, maka jangan kawatir , mengunakan latop di chas sambil di gunakan . Saya sendiri menganjurkan untuk tetap di sambungkan ke charger langsung karena ketika laptop dalam keadaan tanpa battery tiba-tiba listrik mati justru anda akan rugi lebih besar, karena akan sangat merusak laptop.

 5. Matikan beberapa program yang tidak terlalu penting , cara mudah dan simpel bisa mematiakan mengunaka "Task Manager" , caranya :
  • Tekan tombol "Crtl+shift+esc" secara bersamaan
  • Pilih tab menu "Processes" 
  • Cari program yang tidak terlalu penting
  •  Setelah itu klik end process
Bisa jugan mengunakan utilities tambahan , saran saya gunakan TuneUp , tidak hanya mudah dalam pengunaan tetapi sangan komplit isinya.

*untuk cara kedua jagan berlebihan menurunkan settingannya , karna semakin rendah makan akan semakin jelek perfomance laptop anda.

Cukup sekian , semoga bermanfaat untuk semuanya , jika ada pertannyaan monggo commnet di bawah .

No comments:

Post a Comment